Tips Membuka Bearing CVT (Radial Ball/Bantalan Bola) Menggunakan Kardus Basah

Funkynetter strees punya motor matic... Ternyata biaya perawatannya mahal dan cepat minta jajan motornya.... Problem suara grok grok di blok CVT bagian belakang timbul lagi... Padahal dah di ganti pake bearing asli tapi cuma bertahan 2 bulan, sementara pake bearing biasa bertahan cum 2 minggu...



Suara grok grok di blok CVT berasal dari bearing rumah CVT yang sudah aus boshing kuningannya... sehingga tidak bisa menahan putara pulley belakang..

Sebenaranya tinggal lepas blok CVTnya terus bawa ke AHAS minta di lepasin paling kena 15rb... Tapi funkynetter penasaran apa bener melepas bearing CVT bisa menggunakan koran bekas yang di basahi... Yuk sob sama sama coba membuka bearing CVT menggunakan kardus bekas...



Pertama tama siapkan kardus bekas atau koran bekas yang sudah di basahi, funkynetter menggunakan kardus bekas soalnya tidak ada koran bekas di rumah... Buka Blok CVTnya terus ring pengunci bearing CVTnya...



Masukan kardus bekas yang sudah di basahi sedikit demi sedikit terus di padatin kedalam menggunakan kunci T atau baut 12mm... Ualangi terus menerus hingga bearing keangkat...



Tuh bearingnya sudah terlepas dari dudukannya sob...



Cara ini mengacu pada hukum Pascal.... Yaitu tekanan pada satu titik akan diteruskan ke titik atau ruang kosong lain secara merata..



Tuh bekas kardus yang sudah di padatin... Aneh ya sob kok bisa mengangkat bearing yang keras tertanam di rumah bearingnya...



Ini bearing kecil tapi harganya gila sob... Di AHAS kisaran 110rb-130rb sementara yang abal abal cuma 45rb...

Gaya berkendara yang spontan dan sering berakselerasi atau ngebut apalagi menggunakan kampas kompling racing membuat bearing ini cepat sekali aus...

Kalau ke AHAS tatal beli bearing sama ongkos service kisaran 185rb,, kalau bongkar sendiri kan asyik tuh :D


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama