Nokia N9 MeeGo - Swipe with Nokia's Beautiful New Smartphone





Wikipedia - Pada tanggal 21 Juni 2011, Nokia mengumumkan telepon genggam pertama yang menggunakan sistem operasi MeeGo, yaitu Nokia N9 dan Nokia N950, dan akan dirilis dalam tahun 2011.

MeeGo adalah sebuah sistem operasi open source yang berbasis Linux dan ditargetkan untuk pasar seluler (mobile), biarpun penggunaannya bisa digunakan juga untuk alat elektronik yang lebih besar seperti netbook, tablet, laptop, smartTV, dan lainnya.

MeeGo merupakan proyek kerjasama antara Intel dan Nokia dan pertama kali diperkenalkan melalui pameran Mobile World Congress pada bulan Februari 2010. Ide awal dari pembuatan sistem operasi ini adalah dengan menggabungkan sistem operasi terdahulu dari perusahaan Intel yaitu Moblin dan Maemo dari Nokia menjadi suatu sistem operasi baru yang lebih umum.

Pada bulan februari 2011, Nokia mengumumkan kerjasama dengan Microsoft, dan sejak itu pengembangan sistem operasi MeeGo mulai ditinggalkan karena Nokia memilih untuk lebih fokus terhadap sistem operasi besutan Microsoft,yaitu Windows Phone 7.

#Nokia N900 juga bisa berjalan dengan OS MeeGo,, Nokia N9 bisa menjalankan OS Android 4.0 Android 4.1 dan Firefox OS,,


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama